Pengertian dan Tipe-tipe Mesin Fotocopy


Mesin Fotocopy adalah sebuah peralatan yang memiliki kegunaan untuk menghasilkan sebuah salinan ke sebuah kertas dari dokumen, majalah, buku dan seumber lainnya. Mesin ini pertama kali ditemukan atau diciptakan oleh Cester Carlson yang berasal dari Amerika pada tahun 1939. Mesin ini memakai sumber energi dari listrik statis yang digunakan untuk menduplikasi sebuah dokumen yang dinamakan xerografi. Mesin fotocopy dapat juga menggunakan tinta sebagai bahan utmana untuk mencetak dokumen. Kegunaan utama mesin ini yaitu untuk menyalin dokumen, memperbesar atau memperkecil hasil dari cetakan tersebut.

Berdasarkan ukuran, mesin fotocopy dapat dibagi menjadi beberapa tipe yaitu diantaranya:
  1. Mesin Fotocopy Portable yaitu mesin fotocopy yang memiliki ukuran kecil sehingga dapat dengan mudah dibawa dan untuk masalah kecepatan salin, mesin jenis ini dapat menyalin dokumen hingga berukuran A4 dengan kecepatan salin hingga 5-10 page per minute.
  2. Mesin Fotocopy Sedang yaitu mesin fotocopy yang memiliki ukuran standar yang dapat menduplikasi dokumen dengan kecepatan copy hingga 15-25 ppm dengan dokumen berukuran hingga A3 dengan berat sekitar 70 kg.
  3. Mesin Fotocopy Besar yaitu mesin fotocopy yang mempunyai berat diatas 70 kg dengan kelebihan utamanya yaitu dapat mensalin kertas berwarna, memperbesar maupun memperkecil dokumen hingga dapat men sortir papan dokumen otomatis. Dengan kecepatan salin 3 ppm
Referensi

Pengertian dan Tipe-tipe Mesin Fotocopy Pengertian dan Tipe-tipe Mesin Fotocopy Reviewed by Thu Juli on August 27, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.